Rabu, 21 Mei 2014

PENGERTIAN HDMI

High Definition Multimedia Interface atau sering disebebut HDMI. Merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menghubungkan seluruh sumber audio/video yang berbentuk digital. Perangkat elektronik yang sudah menggunakan teknologi digital akan mempunya port/lubang pada bagian penghubungnya yang berfungsi untuk menancapkan kabel HDMI agar bisa berkomunikasi dengan perangkat yang mendukung HDMI lainnya.
HDMI mampu mendukung berbagai macam format video, mulai video dengan format yang paling standard sampai yang paling tinggi (High Definition Video) atau biasa dikenal dengan sebutan HD Video.
Dengan 19 wires wrapped dalam satu kabel yang menyerupai kabel USB, HDMI mampu membawa bandwidth 5 Gbps (gigabits per detik). Ini lebih dari dua kali bandwidth yang dibutuhkan untuk mengirimkan multi-channel audio dan video. Hal ini membuat HDMI jauh lebih baik daripada pendahulunya, video component, S-Video dan video komposit.
Alat ini menjadikan sinyal digital terkompresi, sedangkan antarmuka adalah analog semua. Dengan interface analog, sumber digital bersih diterjemahkan menjadi analog kualitas lebih rendah, dikirim ke televisi, kemudian diubah kembali menjadi sinyal digital untuk ditampilkan di layar. Pada setiap terjemahan, sinyal digital akan kehilangan integritas, sehingga mengalami distorsi kualitas gambar.
HDMI mempertahankan sinyal sumber, menghilangkan konversi analog untuk mempertahankan kualitas gambar tetap tajam. Pada interface video sebelumnya dibutuhkan kabel audio terpisah, dan sebagian besar menggunakan standar RCA L/R jack audio analog. HDMI dengan bandwidth dan kecepatan yang sangat baik, memberikan tidak hanya video tetapi juga hingga delapan saluran audio digital untuk suara surround tanpa kompromi. Ini menggantikan jalinan kabel dibelakang sistem dengan kabel tunggal, dan sangat menyederhanakan proses setup seluruh sistem home theater dengan performa tingkat atas.
HDMI mendukung format video standar, enhanced video dan high definition video. HDMI juga kompatibel dengan DVI (Digital Video Interface). High-end kartu grafis yang menampilkan sebuah port DVI dapat terhubung ke interface HDMI melalui kabel DVI/HDMI. Ini hanyalah sebuah kabel dengan konektor DVI di satu ujung dan konektor HDMI di sisi lain. Sebagai aturan, kabel HDMI tidak boleh lebih panjang dari 15 kaki (5 meter), karena degradasi dari sinyal bisa terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar